More

    Melihat Metode Latihan Erik ten Hag dari Dekat

    Malang Sport – Manchester United, Erik ten Hag datang membawa perubahan besar di Manchester United. Bukan hanya soal gaya bermain tim, melainkan juga soal kedisplinan ruang ganti.

    Meski baru beberapa pekan, Ten Hag mulai terlihat sebagai sosok pelatih yang keras dan tidak menoleransi keteledoran pemain. Bahkan, sering terdengar maki-makian Ten Hag terhadap pemain di lapangan.

    Menariknya, para pemain MU tampak tidak masalah dengan gaya melatih Ten hag, bahkan cenderung mendukung. Bruno Fernandes sendiri sudah mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan metode latihan keras.

    Terkini, gaya melatih Ten Hag coba dipaparkan lebih dekat oleh analis Sky Sports, Melissa Reddy yang ikut serta dalam tur pramusim MU ke Asia-Australia kemarin. Apa katanya?

    Ten Hag

    Ketat Tapi Bebas

    Reddy menyebut bahwa gaya melatih Ten Hag memang keras, intens, dan mungkin melelahkan bagi sebagian pemain. Namun, menurutnya Ten Hag tetap memberi kebebasan pada setiap pemain, jadi para pemain bisa menyesuaikannya dengan kemampuan mereka.

    “Metode Ten Hag bersifat multi-pendekatan. Dia menjelaskan filosofi dan ekspektasi kepada skuad, dia menjelaskan bahwa akan ada dukungan penuh untuk meraih sukses, yaitu pembintaan intensif, taktik yang solid, dan kultur sukes,” tulis Reddy di Sky Sports.

    “Namun, tanggung jawab tetap ada pada pemain untuk mengikutinya. Aturan di dalam dan di luar lapangan yang diterapkan Ten Hag hanyalah kerangka kerja, tetap dibutuhkan penerapan para pemain.”

    Ten Hag

    Bekerja Sama

    Menariknya, Reddy mengklaim bahwa Ten Hag tidak sepenuhnya otoriter. Para pemain bisa memberikan masukan terkait setiap keputusannya, jadi jelas bahwa situasinya tidak separah yang terlihat dari luar.

    “Para pemain merespons perubahan itu dengan sangat baik, khususnya para pemain senior dalam tim. Mereka mengambil tanggung jawab untuk meningkatkan standar,” sambung Reddy.

    “Meski bersifat ketat, Ten Hag juga melibatkan para pemain untuk memberikan masukan terkait gaya bermain progresif yang mereka terapkan, termasuk area mana saja yang perlu diperbaiki.”

    “Dia juga menerapkan kebijakan terbuka untuk masalah di luar lapangan,” imbuhnya.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    spot_img

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.