More

    AFC : Tinjau Kesiapan Tuan Rumah Piala Asia 2023

    Malang Sport – Piala Asia, Perwakilan konfederasi sepakbola Asia (AFC) akan menyambangi Indonesia pada 1 hingga 4 September 2022. Kedatangan AFC untuk melihat sejumlah Stadium yang bakal dipakai untuk Piala Asia 2023.

    Selain Indonesia ada tiga negara lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2022. Mereka adalah Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

    Setelah dari Indonesia, perwakilan AFC akan mendatangi Australia 4-7 September 2022. Pada tanggal yang sama mereka mengunjungi Korea Selatan.

    Qatar yang juga tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi negara terakhir yang dikunjungi perwakilan AFC. Mereka bakal ke sana pada 8 hingga 10 September 2022.

    “Pada tanggal 1 Agustus 2022 kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka,” kata sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip laman resmi federasi.

    “AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertanding,” mantan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI tersebut menambahkan.

    Kendati demikian, Yunus mengaku PSSI belum memilih stadion mana saja yang bakal digunakan untuk Piala Asia 2023 sehingga dicek AFC. Ia menyebut pihaknya kini masih menggodoknya.

    Nantinya, AFC bakal mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022. Ajang tersebtu dijadwalkan dilgelar 16 Juni sampai 16 Juli tahun depan

    Sebanyak 24 negara telah memastikan diri berpartisipasi pada Piala Asia 2023. Timnas Indonesia menjadi satu di antara kontestan yang bermain dalam ajang tersebut.

    Sejatinya AFC telah menetapkan Tiongkok sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Namun, negara tersebut memutuskan mengundurkan diri karena mau fokus menangani pandemi virus corona yang kembali melonjak beberapa waktu lalu.

    Indonesia, Piala AFC 2023

    Siapa AFC?

    AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia (bahasa Inggris: Asian Football Confederation; atau AFC; bahasa Arab: الاتحاد الآسيوي لكرة القدم‎, Al Ittiḥādul Assiyawiyul Likuratil Qadam) adalah salah satu dari enam konfederasi dalam FIFA dan merupakan badan pengatur sepak bola di Asia dan Australia.

    AFC mempunyai 47 negara anggota yang mayoritas terletak di Asia, termasuk Australia, Guam dan Kepulauan Mariana Utara yang secara geografis terletak di Oseania. Meskipun bukan negara merdeka, Hong Kong dan Macau merupakan Daerah Administratif Khusus Tiongkok juga merupakan anggota dari AFC.

    AFC secara resmi dibentuk pada 7 Mei 1954 di Manila, Filipina. Markas utamanya terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Dan presiden saat ini dijabat oleh Salman bin Ibrahim Al-Khalifa dari Bahrain.

    AFC didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina dan merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA. FIFA mengakui AFC sejak 21 Juni 1954. Markas AFC berada di AFC House, Jalan 1/155, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Presidennya saat ini adalah Salman bin Ibrahim Al-Khalifa dari Bahrain.

    Afghanistan, Burma (Myanmar), Taiwan, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Pakistan, Filipina, Singapura dan Vietnam Selatan adalah para pendirinya.

    Konfederasi Sepak Bola Perempuan Asia (Asian Ladies Football Confederation, ALFC) adalah bagian dari AFC yang mengatur Sepak Bola Wanita di Asia. Organisasi ini sebelumnya didirikan secara terpisah di bulan April 1968 dalam sebuah pertemuan yang melibatkan Taiwan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

    Pada tahun 1986, ALFC baru bergabung dengan AFC. ALFC membantu mengorganisasi ajang Piala Asia Wanita, yang diselenggarakan pertama kali tahun 1975.

    Related articles

    Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Share article

    spot_img

    Latest articles

    Newsletter

    Subscribe to stay updated.