More
    Home Blog

    Top Skor Liga Spanyol: Lewandowski dan Iago Aspas Berbagi Takhta

    0

    Malang Sport – Berikut update top skor Liga Spanyol (LaLiga) pekan keempat, Selasa (06/09/22). Dimana ada dua penguasa puncak yaitu Iago Aspas dan Robert Lewandowski.

    Diketahui saat ini kompetisi Liga Spanyol 2022-2023 telah menyelesaikan pertandingan pekan keempat. Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih kemenangan di empat laga awal.

    Persaingan Ketat

    Real Madrid yang berada di puncak klasemen, diikuti oleh Barcelona dan Villareal yang mengoleksi poin yang sama usai sekali imbang; dan 3 kali meraih kemenangan.

    Selain itu, persaingan daftar top skor Liga Spanyol pun dipastikan terus menggeliat dari hari ke hari.  Saat ini, Iago Aspas dan Robert Lewandowski sama-sama berada di puncak top skor.

    Keduanya sama-sama mengoleksi lima gol, salah satunya dicetak pada pekan keempat Liga Spanyol. Iago Aspas mencetak dua gol saat membawa timnya, Celta Vigo menang 3-0 atas Cadiz, Sabtu (03/09/22).

    Sementara itu, Robert Lewandowski juga mencetak gol pada pekan keempat Liga Spanyol musim ini saat membantu timnya; Barcelona, menang 3-0 atas Sevilla.

    Meski berada di puncak daftar top skor Liga Spanyol; namun Robert Lewandowski dan Iago Aspas sepertinya tak cukup nyaman dengan posisinya.

    Selain karena mereka ingin jadi penguasa tunggal di puncak, keberadaan Robert Lewandowski dan Iago Aspas juga dibayangi pemain lain.

    Striker Real Betis, Borja Iglesias; juga membayangi ketat Robert Lewandowski dan Iago Aspas di posisi kedua daftar top skor Liga Spanyol hingga pekan keempat. Tercatat, dia telah mengoleksi empat gol.

    Sementara di peringkat ketiga daftar top skor Liga Spanyol , dihuni empat pemain pencetak 3 gol. Mereka adalah Karim Benzema (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid), Alvaro Morata (Atletico Madrid), dan Umar Sadiq (Real Sociedad).

    Daftar Top Skor Liga Spanyol

    Berikut daftar top skor Liga Spanyol (LaLiga), Selasa (06/09/22), pagi WIB.

    • 5 Gol – Iago Aspas (Celta Vigo), Robert Lewandowski (Barcelona)
    • 4 Gol – Borja Iglesias (Real Betis)
    • 3 Gol – Karim Benzema (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Umar Sadiq (Real Sociedad)
    • 2 Gol – Alex Baena (Villareal), Chimy Avila (Osasuna), Alex Berenguer (Athletic Bilbao), Joselu (Espanyol), Juanmi (Real Betis), Gerard Moreno (Villareal), Vedat Muriqi (Mallorca), Aimar Oroz (Osasuna), Largie Ramazani (Almeria).

    Arema vs Persija: Ya Duel, Ya Reunian

    0

    MalangSport – Pertemuan Arema FC kontra Persija Jakarta tadi malam menjadi ajang reuni beberapa pemain. Di tim Arema FC, tercatat ada beberapa nama yang sebelumnya sempat membela tim berjuluk Macan Kemayoran itu. Mereka adalah Hasyim Kipuw, Evan Dimas, Rendika Rama, Adam Alis, sampai kapten tim Johan Ahmat Farizi.

    Sedangkan di Persija Jakarta, ada Hanif Sjahbandi yang sebelumnya sempat berseragam Singo Edan. Menanggapi pertemuan dengan Persija, beberapa penggawa Singo Edan mengaku antusias. Seperti disampaikan Evan Dimas Damono. ”Momen yang spesial, karena dulu diterima dengan baik di Persija Jakarta,” kata dia.

    Momen Reunian Pemain Arema dan Persija

    Dia laga tadi malam, dia juga bisa bertemu teman-teman yang pernah membela Timnas bersamanya. Seperti Syahrian Abimanyu, Hanif Sjahbandi, Rezaldi Hehanusa, dan Hansamu Yama. Bersama nama terakhir, yakni Hansamu Yama, dia sempat bersama-sama membantu Timnas U-19 menjadi juara piala AFF. Meski respect, namun selama pertandingan berlangsung, Evan tetap fokus berjuang untuk Singo Edan. ”Sebagai profesional, tentunya selama 90 menit menjadi lawan,” jelasnya.

    Sementara itu, Hanif Sjahbandi mengaku cukup excited bisa kembali ke Stadion Kanjuruhan. ”Ini menjadi laga yang spesial untuk saya. Karena sebelumnya saya cukup lama bermain dengan Arema,” kata eks pemain Persiba Balikpapan tersebut. Hanif mengaku tidak masalah dengan atmosfer pertandingan yang luar biasa. Menurutnya, sebagai seorang pemain profesional, mendapat tekanan dari suporter tuan rumah adalah sesuatu yang normal.

    ”Itu menjadi lumrah dalam sepak bola. Saat dukungan yang pernah dirasakan kini berbalik (menjadi tekanan),” tutur bapak satu anak itu. Pemain yang berposisi di gelandang itu mengaku tetap menjaga silaturahmi dengan pemain dan pelatih Singo Edan.

    Rapor Pemain Liverpool Pasca Dibantai Man United: Van Dijk Mulai Habis?

    0

    Berikut rapor para pemain Liverpool pasca dibantai oleh Manchester United di lanjutan Liga Inggris 2022/23.

    Liverpool harus menunda hasratnya untuk meraih kemenangan perdana di Liga Inggris 2022/23 kala takluk dalam lawatannya ke Old Trafford, markas Manchester United, Selasa (23/08/22).

    Dalam laga Big Match di pekan ketiga Liga Inggris 2022/23 tersebut, Liverpool harus menyerah dari rival abadinya itu dengan skor 1-2.

    Sejak sepak mula, Man United tampil lebih menggigit dalam hal menyerang. Beberapa peluang sudah didapatkan tuan rumah di awal babak pertama.

    Namun gol pembuka baru didapatkan di menit ke-16 lewat sontekan Jadon Sancho dari dalam kotak penalti, memanfaatkan assist dari Anthony Elanga.

    Meski beberapa kali punya peluang untuk mencetak gol, Man United baru bisa menggandakan keunggulannya di babak kedua.

    Adalah Marcus Rashford yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-53. Dirinya mampu mencetak gol usai lolos dari jebakan offside.

    Tertinggal dua gol membuat Liverpool pun meningkatkan intensitas serangan. Hingga akhirnya, The Reds berhasil mendapatkan gol untuk memperkecil kedudukan.

    Mohamed Salah mampu mencetak gol yang memperkecil kedudukan menjadi 1-2 usai tandukannya gagal dihentikan David De Gea di menit ke-81.

    Dalam kekalahan ini beberapa pemain Liverpool tampil di bawah standar. Bagaimana rapor para pemain The Reds pasca kekalahan memalukan ini?

    Rating Penggawa Liverpool

    Manchester United vs Liverpool
    Manchester United vs Liverpool

    Alisson Becker: 6

    Alisson Becker tak bisa berbuat banyak di pertandingan kontra Man United. Meski mampu membuat 2 penyelamatan gemilang, gawangnya tetap mudah kebobolan 2 gol dari Setan Merah.

    Trent Alexander-Arnold: 6

    Meski tampil apik dalam menyerang dan mampu melepaskan operan yang tergolong akurat, Trent Alexander-Arnold terekspos dalam bertahan, di mana ia hanya memenangkan 4 dari 7 duel serta gagal membuat jebakan offside untuk gol kedua Man United.

    Joe Gomez: 6,5

    Joe Gomez seperti kehilangan sentuhannya dalam bertahan. Bermain selama 90 menit, ia gagal menampilkan gaya bertahan mumpuni dengan hanya memenangi 50 persen duel di lapangan dan udara.

    Virgil van Dijk: 5,5

    Pemain yang dicap sebagai bek terbaik Liga Inggris semestinya tak melakukan kesalahan fatal. Virgil van Dijk nampak malas dalam bertahan, di mana ia gagal memenangkan 4 duel di lapangan dan juga terkesan pasif, terutama saat gol Jadon Sancho tercipta.

    Andrew Robertson: 6,5

    Andrew Robertson juga tak bisa berbuat banyak, kendati ia mampu menciptakan dua peluang. Tercatat dalam bertahan, ia tak mampu memenangkan satu duel pun, serta akurasi operannya juga buruk.

    Underperformed

    MU bantai Liverpool
    MU bantai Liverpool

    Jordan Henderson: 6

    Bertindak sebagai kapten dan pemain nomor 6, Jordan Henderson gagal menampilkan permainan terbaiknya. Ia hanya memenangkan 2 duel di lapangan dan minim dalam menyentuh bola, yakni 49 kali selama 59 menit bermain.

    James Milner: 6,5

    James Milner memang terlihat aktif, tapi usia tak bisa membohongi performanya yang terlihat keteteran dalam menyerang dan bertaha, dengan hanya memenangkan 5 dari 12 duel serta memiliki akurasi operan yang buruk yakni hanya 77 persen.

    Harvey Elliot: 6,5

    Dari trio lini tengah Liverpool, mungkin hanya Harvey Elliot yang tampil apik sehingga dirinya dimainkan 90 menit. Ia mampu membuat 2 peluang matang dan kerap mengirimkan bola ke pertahanan Man United dengan total 7 kali.

    Luis Diaz: 5,5

    Luis Diaz seperti belum bisa menggantikan peran Sadio Mane. Ia gagal memanfaatkan peluang yang didapatkannya dengan baik dan kerap kehilangan bola saat melakukan dribel, yakni 10 kali

    Roberto Firmino: 7

    Pengalaman Roberto Firmino mampu diimplementasikan dengan baik di laga ini. Ia terbilang aktif sebagai False Nine untuk menarik lawan-lawannya dan memberi ruang bagi rekannya. Ia pun mampu menciptakan 1 peluang dan jarang kehilangan bola.

    Mohamed Salah: 7,5

    Mungkin hanya Mohamed Salah yang menjadi penampil terbaik Liverpool di laga ini. terlepas dari golnya, ia juga aktif menciptakan peluang dengan total 4 peluang dan juga bermain apik dalam bertahan serta menyerang.

    Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Telat Panas, Ginting Hampir Dipermalukan Wakil Brasil

    0

    Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting sukses kalahkan kuda hitam Ygor Coelho, dalam pertandingan babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

    Bertanding di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Senin (22/08/22) pagi WIB, Anthony Ginting yang berstatus unggulan keenam, datang untuk melawan pemain bulutangkis kuda hitam asal Brasil, Ygor Coelho.

    Kendati lawannya masih menempati ranking 51 dunia, tetapi yang perlu dicatat bahwa dalam major event seperti Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWC), selalu memungkinkan hadirnya kejutan.

    Apalagi Ygor Coelho juga baru saja on fire usai menyabet perunggu dalam event Pan Am Championship 2022 di San Salvador.

    kejuaraan-dunia-bulutangkis-2022
    kejuaraan-dunia-bulutangkis-2022

    Tampil All Out

    Jadi sebagai salah satu tulang punggung Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWC) 2022, Ginting berusaha untuk tampil all out sejak babak pertama.

    Juara Singapore Open 2022 tampil cukup berhati-hati sejak menit awal menghadapi Ygor Coelho. Namun sayangnya, strategi itu yang justru membuat serangannya terbatas.

    Sebaliknya, Ygor Coelho yang tampil nothing to lose, justru lebih menggebu membangun serangan untuk memimpin keunggulan 5-8.

    Ginting yang tak mau kalah, sempat menipiskan ketertinggalan menjadi 7—8. Hanya saja, setelah itu Ygor Coelho terus memegang kendali permainan, dan memimpin 7-11.

    Usai interval game pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, pertandingan masih terus dikuasai Ygor Coelho. Sebaliknya Ginting tampak kian tertekan dengan ketertinggalan jauh 9-15.

    Seolah sudah benar-benar kehilangan fokus, Anthony Sinisuka Ginting terpaksa menyerah kalah 13-21 atas Ygor Coelho di game pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 hari ini.

    Hasil Game Penentuan

    Kalah di game pertama, Anthony Sinisuka Ginting berusaha keras untuk membalas Ygor Coelho pada game kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWC) 2022 hari ini.

    Hal itu dibuktikan Ginting sejak menit awal game kedua, di mana tempo permainan cepat yang menjadi ciri khasnya, sukses memukau penonton, hingga membawanya unggul 4-1.

    Ginting terus unggul dengan menampilan variasi shot, mulai dari smash silang, netting tipis, hingga backhand silang, yang membuat kepercayaan dirinya meningkat. Bahkan wakil Brasil kerap mati kutu saat Ginting unggul 11-7.

    Usai interval game pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Ygor Coelho terlihat terus berupaya menekan Anthony Sinisuka Ginting. Usahanya terlihat saat mengejar ketertinggalan 14-10 atas Ginting.

    Namun, Anthony Sinisuka Ginting masih terus menjaga tempo cepat permainannya. Bahkan beberapa kali pukulan tipuannya, membuat Ygor Coelho pontang-panting ke kanan-kiri lapangan.

    Saat unggul 16-11, drop shot silang Ginting sukses menghujam sisi kanan lapangan lawan. Ygor Coelho yang tertekan, membuat penampilannya jadi grusa-grusu. Pengembaliannya berulang kali gagal.

    Bahkan smash menyangkut Ygor Coelho di poin krusial, membuat Ginting menang 21-15 di game kedua. Alhasil, pertandingan harus ditentukan di game ketiga.

    Anthony Sinisuka Ginting yang menggebu meraih tiket 32 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, langsung ngamuk dengan keunggulan 3-0 atas Ygor Coelho di game ketiga.

    Wakil Brasil tak menyerah dengan sukses menyamakan kedudukan. Ginting enggan panik, di mana jumping smashnya membuatnya kembali memimpin. 

    Saat Ygor Coelho kembali mendekat, Ginting masih konsisten dengan strategi bermain cepat dan variatif. Strategi itu membawa Ginting unggul jauh 12-7 usai interval. Ygor Coelho seolah sudah kehilangan fokus staminanya yang terkuras.

    Hal itu membuat Ginting semakin unggul telak 19-11. Hingga akhirnya smash silang Ginting menuntaskan perlawanan dengan kemenangan 21-12 di game ketiga atas Ygor Coelho.

    Dengan demikian, hasil Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Ygor Coelho adalah 13-21, 21-15, 21-12. Selanjutnya, Ginting akan menghadapi pemenang antara Georges Julien Paul vs Luis Armando.

    Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: PBSI Terjunkan Kevin/Marcus Kembali

    0

    Malang SportKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) baru saja merilis skuad Tim Indonesia yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kembali!

    Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022 sebentar lagi akan bergulir. Kejuaraan bergengsi tersebut akan diselenggarakan pada 22-28 Agustus 2022 mendatang  di Tokyo, Jepang.

    Tim Indonesia akan kembali berjuang habis-habis untuk memperebutkan tempat terbaik di setiap sektor pada kejuaraan tersebut.

    Terbaru, demi menggapai tujuan tersebut, PBSI baru saja merilis nama-nama pemain yang akan turun dalam turnamen Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022.

    Dari sektor tunggal putra, ada nama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Tommy Sugiarto.

    Untuk sektor tunggal putri, tim Indonesia hanya menurunkan dua pemain, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

    Pada sektor ganda putra, tim Indonesia menurunkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Sohibul Fikri.

    Lalu pada sektor ganda putri, nama-nama seperti Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan bertarung membela nama Indonesia.

    Terakhir, pada sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusuharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josoahno Sumanti/Hediana Julimarbela akan menjadi wakil Indonesia di sektor ini.

    Dari sekian nama yang dirilis oleh PBSI, kembalinya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tentu akan menjadi sorotan tersendiri bagi penggemar bulutangkis Indonesia dan dunia.

    Kevin/Marcus Kembali!

    squad-kevin-marcus
    Skuad Kevin/Marcus

    Setelah absen dalam tiga turnamen sebelumnya yakni Malaysia Open 2022, Malaysia Masters 2022, dan Singapore Open 2022, kini Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon siap kembali tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

    Keikutsertaan para pemain bulutangkis dalam kejuaraan dunia ini seyogyanya adalah berdasarkan undangan yang dibuat oleh BWF.

    Badan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mengirimkan undangan kepada para pemain yang memenuhi syarat tampil di ajang ini.

    Kembali Setelah Sempat Absen

    Tahun ini, Indonesia untuk pertama kalinya kembali tampil mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis setelah absen pada tahun 2021 yang lalu.

    Sebelumnya, pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Indonesia berhasil mendapatkan satu gelar lewat sektor ganda putra melalui Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

    Indonesia sendiri memiliki total 15 wakil yang diundang dalam Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022 nanti.

    Dari sekian nama yang telah dirilis oleh PBSI, nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon seakan menjadi sorotoan bagi semua mata pecinta olahraga bulutangkis.

    Pasalnya, sebelum turun di Kejuaran Dunia Bulutangkis, pasangan Kevin/Marcus terpaksa harus menarik diri dari beberapa turnamen yang diprakarsai BWF.

    Kini, atas tersedianya nama Kevin/Marcus dalam skuad tim Indonesia untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis tentu akan memberikan harapan untuk Indonesia dalam meraih gelar di turnamen tersebut.

    5 Pemain Timnas Indonesia Dengan Nilai Pasar Termahal

    0

    Malang Sport – Pemain Indonesia, Nilai pasar menjadi acuan dari kualitas seorang pesepak bola. Tak terkecuali dengan pemain yang saat ini membela Timnas Indonesia senior.

    Penampilan dan kualitas seorang pemain akan berbanding lurus dengan nilai pasar yang dimilikinya. Makin bagus seorang pemain, makin penting perannya dalam klub dan Timnas Indonesia, maka akan mengerek nilai pasarnya.

    Nilai pasar juga menjadi acuan klub untuk merekrut pemain tersebut. Inilah yang menjadi modal sang pemain untuk menentukan besaran gaji dan nilai kontrak yang diinginkannya.

    Meski demikian, nilai yang tercantum cenderung fluktuatif. Tidak ada acuan dasar yang pasti untuk menentukan harga seorang pemain dalam bursa transfer.

    Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia senior dengan nilai pasar tertinggi saat ini? Berikut ini daftar lima teratas yang diambil mengacu kepada data Transfermarkt.

    Posisi Kelima Dihuni 4 Pemain

    Empat pemain berada di urutan kelima dengan nilai pasar tertinggi di Timnas Indonesia. Mereka adalah Nadeo Argawinata, Saddil Ramdani, Rachmat Irianto, dan Irfan Jaya.

    Nadeo Argawinata

    Keempatnya memiliki nilai pasar 300 ribu euro (Rp4,69 miliar). Namun, hanya Saddil Ramdani yang tercatat mengalami peningkatan.

    Saddil Ramdani mengalami peningkatan nilai pasar menjadi 300 ribu euro per Mei 2022. Adapun nilai pasar yang dimiliki Nadeo, Irianto, dan Irfan Jaya merupakan jumlah per Desember 2021.

    Pratama Arhan Di Posisi Ke’empat

    Pratama Arhan menghuni posisi keempat pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tertinggi. Pratama Arhan saat ini memiliki nilaipasar 325 ribu euro (Rp5,08 miliar).

    Pratama Arhan

    Nilai tersebut belum diperbarui dan merupakan harga saat masih membela PSIS Semarang per Desember 2021. Pratama Arhan saat ini bermain untuk klub Jepang, Tokyo Verdy.

    Namun, harga pasarnya tak mengalami perubahan karena belum mendapatkan kesempatan debut. Menarik untuk menantikan debut Arhan di Jepang.

    Posisi Ketiga Dipegang Asnawi Mangkualam

    Asnawi Mangkualam sebenarnya memiliki nilai pasar yang sama dengan Pratama Arhan. Pemain Ansan Greeners FC itu memiliki nilai pasar 325 ribu euro (Rp5,08 miliar).

    Jumlah tersebut mengalami penurunan. Asnawi Mangkualam pernah mencatatkan nilai pasar 375 ribu euro pada akhir 2021.

    Asnawi Mangkualam

    Penurunan nilai pasar Asnawi Mangkualam diyakini terjadi karena menurunnya performa di klub. Asnawi sejauh ini belum banyak mendapatkan kesempatan bermain di Ansan Greeners FC.

    Stefano Lilipaly Di Posisi Kedua

    Stefano Lilipaly menghuni peringkat kedua pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar tinggi. Pemain Borneo FC itu memiliki nilai pasar 350 ribu euro (Rp5,4 miliar).

    Stefano Lilipaly

    Stefano Lilipaly sebenarnya pernah memiliki nilai pasar paling tinggi dalam kariernya pada 2018. Ketika itu, Stefano Lilipaly masih membela Bali United dan nilai pasarnya menembus 450 ribu euro.

    Kepercayaan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia berpeluang meningkatkan nilai pasar Stefano Lilipaly. Namun, itu juga harus didukung penampilan Lilipaly bersama klubnya, Borneo FC.

    Marc Klok Peringkat Pertama

    Predikat pemain dengan nilai pasar termahal di Timnas Indonesia senior saat ini dimiliki Marc Klok. Pemain naturalisasi itu diketahui punya nilai pasar sebesar 450 ribu euro (Rp7 miliar).

    Marc Klok

    Jumlah tersebut sebenarnya mengalami penurunan. Klok pernah mencatatkan nilai pasar 475 ribu euro saat masih membela Persija Jakarta pada 2021.

    Nilai pasar yang dimiliki Klok sebanding dengan performanya di lapangan. Penampilan Klok semakin hari terus berkembang dan menjadi andalan baik di klub dan Timnas Indonesia.

    AFC : Tinjau Kesiapan Tuan Rumah Piala Asia 2023

    0

    Malang Sport – Piala Asia, Perwakilan konfederasi sepakbola Asia (AFC) akan menyambangi Indonesia pada 1 hingga 4 September 2022. Kedatangan AFC untuk melihat sejumlah Stadium yang bakal dipakai untuk Piala Asia 2023.

    Selain Indonesia ada tiga negara lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2022. Mereka adalah Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

    Setelah dari Indonesia, perwakilan AFC akan mendatangi Australia 4-7 September 2022. Pada tanggal yang sama mereka mengunjungi Korea Selatan.

    Qatar yang juga tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi negara terakhir yang dikunjungi perwakilan AFC. Mereka bakal ke sana pada 8 hingga 10 September 2022.

    “Pada tanggal 1 Agustus 2022 kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka,” kata sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip laman resmi federasi.

    “AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertanding,” mantan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI tersebut menambahkan.

    Kendati demikian, Yunus mengaku PSSI belum memilih stadion mana saja yang bakal digunakan untuk Piala Asia 2023 sehingga dicek AFC. Ia menyebut pihaknya kini masih menggodoknya.

    Nantinya, AFC bakal mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022. Ajang tersebtu dijadwalkan dilgelar 16 Juni sampai 16 Juli tahun depan

    Sebanyak 24 negara telah memastikan diri berpartisipasi pada Piala Asia 2023. Timnas Indonesia menjadi satu di antara kontestan yang bermain dalam ajang tersebut.

    Sejatinya AFC telah menetapkan Tiongkok sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Namun, negara tersebut memutuskan mengundurkan diri karena mau fokus menangani pandemi virus corona yang kembali melonjak beberapa waktu lalu.

    Indonesia, Piala AFC 2023

    Siapa AFC?

    AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia (bahasa Inggris: Asian Football Confederation; atau AFC; bahasa Arab: الاتحاد الآسيوي لكرة القدم‎, Al Ittiḥādul Assiyawiyul Likuratil Qadam) adalah salah satu dari enam konfederasi dalam FIFA dan merupakan badan pengatur sepak bola di Asia dan Australia.

    AFC mempunyai 47 negara anggota yang mayoritas terletak di Asia, termasuk Australia, Guam dan Kepulauan Mariana Utara yang secara geografis terletak di Oseania. Meskipun bukan negara merdeka, Hong Kong dan Macau merupakan Daerah Administratif Khusus Tiongkok juga merupakan anggota dari AFC.

    AFC secara resmi dibentuk pada 7 Mei 1954 di Manila, Filipina. Markas utamanya terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Dan presiden saat ini dijabat oleh Salman bin Ibrahim Al-Khalifa dari Bahrain.

    AFC didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina dan merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA. FIFA mengakui AFC sejak 21 Juni 1954. Markas AFC berada di AFC House, Jalan 1/155, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Presidennya saat ini adalah Salman bin Ibrahim Al-Khalifa dari Bahrain.

    Afghanistan, Burma (Myanmar), Taiwan, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Pakistan, Filipina, Singapura dan Vietnam Selatan adalah para pendirinya.

    Konfederasi Sepak Bola Perempuan Asia (Asian Ladies Football Confederation, ALFC) adalah bagian dari AFC yang mengatur Sepak Bola Wanita di Asia. Organisasi ini sebelumnya didirikan secara terpisah di bulan April 1968 dalam sebuah pertemuan yang melibatkan Taiwan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

    Pada tahun 1986, ALFC baru bergabung dengan AFC. ALFC membantu mengorganisasi ajang Piala Asia Wanita, yang diselenggarakan pertama kali tahun 1975.

    Pemain Timnas Indonesia Yang Pulang Setelah Berkarier Di Klub Luar Negeri

    0

    Malang Sport – Timnas Indonesia, Ada 5 pemain Timnas Indonesia yang putuskan pulang kampung usai berkelana di klub luar negeri akan dibahas dalam artikel ini. Sekadar diketahui, banyak pemain berbakat asal Indonesia yang berkesempatan menjajat rumput luar negeri.

    Bermain di luar negeri merupakan sebuah kebanggaan bagi seorang pemain. Sebab, mereka bakal mendapatkan banyak pengalaman yang berguna untuk peningkatan skill, mental dan karier mereka.

    Namun, banyak dari mereka yang pada akhirnya memutuskan pulang kampung. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

    Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang putuskan pulang kampung usai berkelana di klub luar negeri:

    Witan Sulaeman

    Witan Sulaeman mengikuti jejak Egy Maulana Vikri berkarier di Eropa. Ia merumput bersama klub asal Serbia, Radnik Surdulica, sekira semusim (2020-2021). Setelah itu atau pada musim panas 2021, Witan Sulaeman dikontrak Lechia Gdansk.

    Witan Sulaeman

    Bagus Kahfi

    Pemain muda yang satu ini berkesempatan bermain bersama klub asal Belanda, yaitu Jong Utrecht. Sayangnya, kariernya bersama klub Belanda itu tak lama. Tercatat Bagus Kahfi hanya bermain dua kali selama setahun berkarier di Belanda.

    Sepulangnya ke Indonesia, pemain 20 tahun ini kedapatan bermain di sejumlah turnamen tarkam. Namun, beredar kabar Bagus Kahfi hendak gabung salah satu klub Yunani.

    Bagus Kahfi

    Ryuji Utomo

    Pemain dengan posisi bek ini kembali lagi ke Persija Jakarta pada awal Januari 2022. Ia sempat dipinjamkan Persija Jakarta ke Penang FC dan berhasil menunjukan penampilan yang mengesankan.

    Ia bahkan sukses membawa Penang FC masuk ke jajaran tiga besar klasemen akhir Liga Super Malaysia 2021. Sekarang, Ryuji tengah berjuang masuk starting XI Persija Jakarta asuhan Thomas Doll.

    Ryuji Utomo

    Egy Maulana Vikri

    Egy Maulana Vikri berstatus sebagai pemain Lechia Gdansk dalam kurun 2018-2021. Sayangnya, porsi bermain Egy Maulana Vikri sangat minim karena kalah saing.

    Kemudian pada 2021, Egy memutuskan pindah ke FK Senica. Sayangnya, nasib Egy tak mulus. Meski tampil gemilang dengan koleksi dua gol dan empat assist dari 26 pertandingan, kontrak Egy diputus sang klub karena FK Senica mengalami kebangkrutan.

    Sekembalinya ke Indonesia, Egy dikaitkan dengan sejumlah klub untuk Liga 1 2022-2023. Salah satunya adalah Persija Jakarta yang dianggap paling serius mendaratkan personel Timnas Indonesia ini.

    Egy Maulana Vikri

    Yanto Basna

    Setelah merantau selama empat tahun di Thailand dengan membela klub Khon Kaen FC, Sukhothai FC, dan PT Prachuap, Yanto Basna akhirnya pulang ke Indonesia.

    Sepulangnya ke Indonesia, pemegang 14 caps bersama Timnas Indonesia ini bergabung dengan Bhayangkara FC. Sayangnya meski berstatus pemain baru, Yanto Basna malah belum didaftarkan Bhayangkara FC untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

    Yanto Basna

    Liverpool Juara Community Shield

    0

    Malang Sport – Liverpool berhasil mengangkat trofi Community Shield 2022 usai menundukkan Manchester City. Peran Adrian San Miguel tak bisa disepelekan dalam laga tersebut.

    Adrian tampil sebagai penjaga gawang Liverpool dalam laga Community Shield menghadapi Man City di King Power Stadium, Sabtu (30/7/2022). Dia mengisi peran Alisson Becker yang absen akibat cedera.

    Tidak sedikit pihak menyangsikan keamanan gawang Liverpool di tangan Adrian. Bukan apa-apa, kiper ketiga The Reds itu sering dicap blunder dan cuma bermain satu kali di semua kompetisi musim lalu.

    Keraguan tersebut dijawab Adrian San Miguel dengan performa gemilang. Kiper 35 tahun itu menjadi benteng Liverpool menghadapi gempuran serangan Manchester City.

    Adrian tak kebobolan sepanjang paruh pertama, termasuk menepis tembakan jarak dekat Erling Haaland. Liverpool unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Trent Alexander-Arnold.

    Gawang Adrian baru bisa dibobol pada menit ke-70 oleh Julian Alvarez, setelah adanya kemelut di depan gawang Liverpool. Merseyside Merah membalas lewat dua gol yang dicetak Mohamed Salah (penalti) dan Darwin Nunez.

    Skor 3-1 untuk Liverpool menjadi hasil akhir pertandingan di King Power Stadium. The Reds akhirnya kembali mengangkat trofi Community Shield setelah terakhir kali memenangkan itu pada 2006.

    WhoScored mencatat, Adrian berhasil mencatatkan tujuh saves dari delapan tembakan on target Man City. Jumlah penyelamatan dia jauh di atas penjaga gawang Man City, Ederson Moraes, yang cuma menorehkan satu penyelamatan.

    Adrian melengkapi kiper Liverpool yang sukses mempersembahkan trofi di tahun 2022. Sebelumnya ada Caoimhin Kelleher yang menjadi pahlawan The Reds di final Piala Liga Inggris, serta Alisson Becker yang membawa timnya juara Piala FA.

    Melawan Man City, Ini 5 Pemain Liverpool yang Paling Ditunggu Aksinya

    0

    Malang Sport – Liverpool, Manchester City akan menghadapi Liverpool dalam ‘laga pembuka’ Liga Inggris bertajuk Community Shield pada 30 Juli 2022 di King Power Stadium.

    Community Shield tahun ini, selain menandai dimulainya Liga Inggris 2022/2023, juga akan jadi tolok ukur kekuatan dua tim tersebut. Maklum, Liverpool dan Man City merupakan dua klub terkuat saat ini.

    Liverpool sang juara Piala FA merupakan runner-up Liga Inggris musim lalu. Sementara Man City adalah juara Liga Inggris musim lalu.

    Liverpool akan mengandalkan Andy Robertson sebagai penyuplai bola-bola matang ke lini depan. Bek asal Skotlandia itu terkenal dengan tusukan dari sisi lapangan dan umpan silang terukur ke jantung pertahanan lawan.

    Nah, selain Andy Robertson, kali ini Bola.com mengulas empat pemain Liverpool lainnya yang paling dinantikan penampilannya saat menghadapi Man City pada ajang Community Shield.

    Darwin Nunez

    Keempat gol Darwin Nunez tercipta pada menit ke-48, 51′, 68′, dan 90′. Berkat kontribusi Nunez, Liverpool menang lima gol tanpa balas atas RB Leipzig.

    Penampilan Darwin Nunez paling ditunggu-tunggu pada laga ini. Meski bermain gacor pada pramusim, menghadapi Man City akan jadi sesuatu yang berbeda buat sang striker anyar.

    Darwin Nunez

    Setelah sempat memble pada laga-laga perdana Liverpool di pramusim, ia mengamuk dengan mencetak empat gol lawan RB Leipzig.

    Luis Diaz

    Kehadiran Luis Diaz di babak kedua bisa dibilang menjadi kunci dibalik kebangkitan Liverpool dan mengubah jalannya pertandingan. Diaz tidak hanya menyumbangkan satu gol tapi ia juga berhasil membuat serangan Liverpool menjadi lebih berbahaya.

    Luis-Diaz

    Cederanya Diogo Jota akan membuat Luis Diaz jadi tumpuan utama. Ia mungkin dijadikan winger bersama Nunez dan Mohamed Salah di depan jika Klopp tidak memasang Roberto Firmino.

    Musim lalu, Diaz tampil memukau dengan kengototan dan kecepatannya. Selain mencetak gol, ia juga piawai memberikan assist.

    Mohamed Salah

    Pemain Bintang Liverpool ini masih menjadi salah satu sosok yang paling berbahaya jika sudah berada di depan gawang lawan. Mohamed Salah telah mengoleksi delpan gol di Liga Champions musim ini.

    Mohamed Salah

    Setelah Liverpool melepas Sadio Mane, praktis Mohamed Salah akan jadi sorotan utama. Nunez memang baru saja direkrut, tapi winger asal Mesir itu bakal tetap jadi tumpuan penting The Reds.

    Performanya tak begitu mengkilap selama pramusim, namun dengan kontrak baru yang didapatnya, jelas ia harus menunjukkan yang terbaik melawan Man City.

    Trent Alexander-Arnold

    Trent Alexander-Arnold dalam performa spektakuler pada musim ini bersama Liverpool. Bek kanan asal Inggris itu mampu menjadi salah satu pengumpan terbaik di dunia dengan keterampilan bermain bolanya yang sangat kreatif. Sejauh ini, ia telah membuat dua gol dan 12 assist dalam 31 penampilannya di Liga Inggris.

    Trent-Alexander-Arnold

    Trent dicap sebagai bek kanan terbaik yang dimiliki Inggris saat ini. Ia sangat piawai dalam membantu serangan, sehingga tak jarang berhasil mencetak gol tak terduga.

    Menghadapi Man City, tugasnya untuk bertahan tak boleh dilupakan. Oleh karena itulah penampilannya kali ini sangat dinanti-nanti.